Jumat, 20 Juli 2012

Raja Ampat, Si Pulau Eksotis

Posted by Coretan Tinta Kun 01.48, under | No comments


Seringkali orang merasa bingung menentukan pilihan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga, teman dan sahabat. Tak perlu jauh menengok belahan dunia lain, di Indonesia terdapat beragam pilihan wisata, salah satu yang menjadi primadona tentu saja Wisata Pantai yang indah nan eksotis terhampar luas di berbagai wilayah negara kepulauan ini. Apabila Anda merasa bingung untuk menentukan pilihan, berikut salah satu tempat yang bisa dikunjungi untuk memuaskan dahaga Anda berlibur.

Raja Ampat


Merupakan gugusan pulau pecahan Kabupaten Sorong, memiliki 610 pulau dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 selebihnya lautan. Pulau-pulau yang tak terjamah oleh peradaban modern ini membuat setiap wisatawan baik domestik maupun macanegara merasa tergiur untuk "mencicipi" nikmatnya suasana Raja Ampat yang terletak “Kepala Burung” Pulau Papua ini.


Pun dari segi Kuliner, Anda tak perlu merasa kesulitan karena di Sorong, baik  seperti ikan, udang, Kepiting maupun Fastfood mudah dijumpai di restoran dan warung-warung sepanjang kota Sorong. Menu ikan khasnya adalah ikan Budara. Jenis ikan dengan daging yang empuk, tulang besar dan jarang ditemukan duri kecil yang bisa tersangkut ditenggorokan sehingga memudahkan Anda menyantapnya.


Oleh-oleh khas Sorong adalah keripik talas atau keladi, roti abon gulung dari ikan tuna, dan ikan budara bakar. Untuk suvenir, di Kampung Baru, Sorong, banyak dijumpai toko yang menjual batik khas Papua, seperti corak panah, burung cendrawasih, dan tifa. Suvernir berupa koteka dan ukir-ukiran Asmat juga dapat Anda jumpai di beberapa toko suvenir di Sorong.



Destinasi Pemikat Travelista

Posted by Coretan Tinta Kun 01.12, under | No comments

Berlibur ke tempat yang romantis atau berdaya tarik khusus menjadi incaran setiap Travelista. Dalam tulisan kali ini, saya mencoba memberi beberapa tempat tujuan wisata favorit yang mungkin bisa anda kunjungi. Try a new sensation on trip...

Google.com
Roma

Roma, sebuah kota di Italy, merupakan salah satu destinasi favorit bagi Travelista, terutama mereka yang mencari tempat beratmosfir romantis untuk menggelar bulan madu pasca pernikahan. Di kota yang dijuluki Caput Mundi atau kota abadi ini memiliki ciri khas bangunan kuno dengan tiang megah dan kokoh. Struktur jalan bebatuan menambah kesan klasik nan romantis di tempat ini. bila Anda berniat mengunjungi Roma, tidak ada salahnya mencoba memilih penginapan Trastevere Hotel yang lokasinya mudah dijangkau dari tempat wisata utama seperti Colloseum, Sacra dell'Argentina Park dan masih banyak lagi tempat lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri.




google.com
Paris

Paris dikenal sebagai salah satu kota paling romantis di dunia. Ketika di Paris, Anda wajib mengabadikan indahnya momen bulan madu Anda di hadapan Menara Eiffel. Anda pun dapat duduk santai berdua di salah satu kafe pinggir jalan dan menyaksikan saat-saat terbenamnya matahari. Momen indah semakin terasa saat Anda menikmati secangkir kopi hangat dan mencoba baguette Prancis yang populer. Ada begitu banyak pemandangan untuk dilihat dan dilakukan di sini dengan kapal pesiar romantis menyusuri sungai Seine, atau mengunjungi lokasi sejarah dan seni, seperti Rodin, Louvre.



google.com
Venice

Venice yang dikenal juga dengan sebutan 'city of love' adalah destinasi yang sempurna. Apalagi Anda yang sedang ingin mencari tempat yang cocok untuk berbulan madu. Cobalah melakukan perjalanan romantis melintasi kanal-kanal disepanjang kota dengan Gondola (Sejenis perahu tradisional), atau buat suasana lebih romantis dengan meminta pembawa gondola untuk menyanyikan lagu untuk Anda. Jika Anda berencana untuk menginap, cobalah Hotel Al Ponte Mocenigo, Al Ponte Antico, Hotel Bucintoro dan Hotel Antiche Figure.



123rf.com
Las Vegas

Las Vegas. Negara bagian Amerika Srikat ini merupakan destinasi yang cocok untuk Anda yang berjiwa "liar" dan ingin berpetualang bak di fil-film action. Las Vegas menawarkan banyak tempat bersenang-senang, mulai dari kasino di hampir tiap sudut kota, klub malam bagi para penjelajah dunia malam hingga tempat wisata belanja dan restoran bergaya koboi Vegas. selain itu, kota gemerlap ini dibalut kemewahan penginapan bernuansa retro seperti di Hotel Harmon, Bellagio, The Palazzo hingga Wynn Hotel. Nah, bila Anda termasuk orang yang senang berpetualang dan ingin meraskan "Liarnya" kehidupan Vegas, cobalah kunjungi tempat tersebut.





Hawaii

Pulau Hawaii menyajikan keindahan pulau tropis. Iklim tropis dan gunung-gunung vulkanik disepanjang pantai yang indah, membuat Anda serasa dibuai kehidupan nan romatis. terlebih bila Anda yang sedang berada di momen bulan madu, maka akan sulit terlupakan. Sebagai pilihan tempat menginap, Anda bisa habiskan waktu Anda di Four Seasons Hualalai Ka'upulehu, Mauna Lani Bay Hotel dan Bungalows, Mauna Kea Beach Hotel dan Kona Village Resort.




Meksiko

Sebuah perjalanan untuk menikmati iklim tropis di benua Amerika. pilihlah Meksiko, sebuah kota di Selatan Amerika ini menawarkan berbagai destinasi. Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya samudra biru, pasir putih dan olahraga air, pergilah ke wilayah Cancun. Dari Cancun, Anda dapat bepergian melalui jalur darat menikmati suguhan Riviera Maya atau tempat dimana Anda akan menemukan kuil-kuil, kota kuno, monumen hingga patung peradaban Amerika konu peninggalan suku Maya. Tentu sebuah perjalanan yang sedikit berbeda bukan? tunggu apalagi, bila koceh Anda sudah mencukupi, jelajahilah belahan selatan benua Amerika tersebut.








Agra City 

Agra yang terletak di India ini termasuk dalam daftar tempat romantis yang wajib dikunjungi di Asia. Kota yang menyimpan bangunan bersejarah ini dijuluki sebagai kota "Cinta". Simbol cinta ini berupa bangunan kuno indah tersusun dari bebatuan marmer putih yang disebut Taj Mahal. Bangunan yang sejatinya merupakan kompleks pekuburan tersebut dibangun oleh raja Shah Jahan untuk permaisurinya, Jahanara. Bangunan itu dikerjakan selama 20 tahun (1632-1653) dengan menngaplikasikan arsitektur Hindu-Islam abad ke-17 silam. Pun selain bangunan tersebut, ada pula objek wisata lain yang tak kalah menggugah selera pelancong Anda. Sebut saja, Ice Scating yang dapat Anda lakukan di lereng gunung salju di manali. Destinasi seru lainnya yakni Resort Oberoi Amarvillas yang menawarkan suasana romantis dengan arsitektur unik dan pemandangan yang mengarah langusng ke Taj Mahal. Menarik bukan!




Bali


Bali, surganya para pelancong. yah, mungkin tidak salah apabila kita mengatakan pulau yang terdapat di wilayah Indonesia ini sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan dunia. Di tempat ini hampir semua jenis wisata dapat Anda temukan. Mulai dari wisata pantai pasir putih yang dengan deburan ombak nan menggoda untuk surfing, wisata budaya yang kental hingga pusat kesenian yang sudah terkenal di mancanegara. Pulau Bali yang dijuluki sebagai Pulau Dewata pun sering dikaitkan dengan kebiasaan meditasi, banyak orang datang ke pulau ini hanya untuk mencari ketenangan melalui Meditasi yang banyak ditawarkan resort sebagai salah satu fasilitas utama. Bila benar Anda ingin ke Bali jangan hanya mencoba bermain ombak di pantai, cicipilah wisata pedesaan di daerah ubud. Lokasinya terletak di antara hutan dan jurang-jurang dihiasi sungai ayung yang berdampingan dengan gunung, membuat alam sangat indah alami. komplit kan!



Setelah Anda membaca beberapa ulasan mengenai destinasi wisata di atas, tentu Anda sedikit bingung kan? tidak perlu bingung, mulailah menyalurkan minat dan hobby Anda melancong ke tempat-tempat yang mudah Anda jangkau. Baik dari segi jarak, ketersediaan waktu hingga penyesuaian dana yang ANda miliki. yakinlah, suatu saat Anda akan menginjakkan kaki di tempat-tempat tersebut! 


Jumat, 06 Juli 2012

(Rossy Goes To Campus) Kesempatan Bertemu Dia....

Posted by Coretan Tinta Kun 20.14, under | 2 comments


Makassar, Unhas - Bertemu orang hebat tentu satu hal yang membanggakan bagi siapapun, termasuk bagi penulis. salah satu orang hebat yang ditemui adalah Perempuan bernama lengkap Rosiana Magdalena Silalahi atau yang lebih akrab disapa Rossy. Yah, Wanita multitalenta keturunan batak tersebut ditemui penulis dalam kegiatan "Rossy Goes To Campus" di Universitas Hasanuddin. Dalam percakapan singkat dengan saya, Perempuan peraih penghargaan bergengsi Pembawa Acara Berita/Current Affair Terfavorit Panasonic Award 2007 ini memberikan beberapa tips mengenai dunia jurnalis yang digeluti olehnya sejak beberapa tahun silam.
"kamu harus mencintai apa yang kamu kerjakan. Wartawan itu kekayaannya di reputasi, bukan pada banyaknya uang yang dimiliki." Jelasnya padaku. Nampaknya apa yang dikatakan mbak Rossy adalah benar. apabila kita mencintai dan menghargai pekerjaan kita, maka tantangan, halangan, atau godaan apapun, bisa bisa disangkal.
namun tak puas hanya dengan satu tips, saya memburu tips berikutnya. "Lalu apa lagi mbak?" Tanyaku. Rossy pun melanjutkan penjelasan bahwa Selain mencintai pekerjaan, penulis pun harus memiliki standar nilai atau etika yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun. "Kejujuran! Kalau Anda jujur terhadap diri sendiri dan orang lain, maka Anda akan berani. Anda harus merasa takut atau khawatir, jika Anda memanipulasi data dalam pemberitaan. Tapi jika patokan Anda adalah kejujuran, maju terus saja," Tegas perempuan kelahiran pangkal pinang tersebut.
 Hingga saat ini, setahu saya Makassar hanya memiliki beberapa orang yang berpengaruh secara nasional termasuk Jusuf Kalla yang pernah jadi wakil presiden. Beliau juga dari Unhas. Makassar juga terkenal dengan kejuangan, kerja keras, juga sebagai saudagar yang memahami betul cara mengambil peluang dalam membangun usaha. Jadi, modal besar orang Makassar adalah memiliki semangat untuk maju dan hal ini tidak boleh dibiarkan “mati”. Kun Agung Sumarmo

Berburu Souvenir Harga 'Miring'

Posted by Coretan Tinta Kun 15.09, under | 3 comments

Lukisan Abstrak yang dipamerkan di ICRA 2011
Jakarta - Sudahkah anda berburu pernak-pernik Ramadhan? Jika belum tentunya anda akan mempersiapkan diri untuk menyambut ramadhan kali ini. Menyoal ramadhan, penulis teringat pada saat berada di Jakarta tahun lalu. Saat itu, penulis mengunjungi Jakarta Convention Center (JCC) yang dilaksanakan 26-31 Juli 2011 silam yang memamerkanberagam pernak-pernik penghias interior, eksterior yang kiranya akan memperindah hunian anda selama bulan suci Ramadhan.
Dalam event yang disebut ICRA atau Pameran Kerajinan Produk Unggulan Nusantara 2011, didominasi produk kain batik di ruang hall A dan B sebagai tempat pameran. Produk kerajinan yang satu ini memang hampir tidak pernah absen di setiap pameran kerajinan. betapa tidak, produk yang menjadi incaran para "pemburu" souvenir ini ditawarkan dengan harga yang Miring, yang pastinya tak sebanyak koceh yang harus Anda rogoh bila membelinya di luar pameran.

Wisatawan Asal Turki Memilih Souvenir Khas Indonesia
Pun, bila Anda jeli dalam menikmati suasana pameran, Anda akan menemukan suguhan produk khusus kerajinan interior dan eksterior yang unik dan eksotis. Produk jenis ini bisa ditemui di stan Star Art yang memamerkan sejumlah lampu meja, Steam handicraft dan lampu hias lainnya.
”Kami memasarkan produk ini untuk memenuhi selera konsumen yang beragam. Melalui imajinasi dan kreatifitas yang tinggi, kami menghasilkan produk yang unik, dan bisa dijangkau dari kalangan menengah hingga menengah atas,” jelas Holim Ansori Pemilik Star Art kepada Kun Agung.

Seorang Pengunjung Memilih Lukisan di Bali Art Gallery
selain kerajinan lampu hias, di hall B pun terdapat beberapa stan yang memamerkan seni Lukisan untuk hiasan dinding ruang tamu anda.  Pun kesenian Rotan, Kursi, Kaligrafi hingga kerajinan patung kuda ataupun hewan lainnya bisa dilihat di stan Wisma Dewata Art Pondok Gede.
Animo pengunjung pun sangat positif, hal ini terbukti pada banyaknya jumlah pengunjung yang memadati ruang pameran ICRA sejak dibuka hingga berakhir 31 Juli lalu. Luna Ibrahim, wisatawan asal Turki iran, salah satu pengujung pameran menuturkan, ”Kami sangat menyukai pameran ini, Ada beberapa yang harganya murah. kami bahkan membeli berbagai macam kerajinan tradisional seperti lukisan dan keramik untuk kami jadikan pemanis interior di rumah kami ketika pulang nanti,” ujar Luna disambut tawa Ibrahim, sang suami saat diminta pendapat mengenai ICRA ke-11 tersebut (31/7). Kun Agung Sumarmo