Selasa, 12 Juli 2011

Alasan Perlunya Hadirkan "Chi" di Dapur Anda!

Posted by Coretan Tinta Kun 01.35, under | No comments

KOMPAS.com — Desain interior rumah sangat memengaruhi kenyamanan seseorang untuk tetap betah berada di dalam rumah. Sebuah desain bukan hanya mengikuti tren masa kini, tetapi setiap ruangan yang ada sebaiknya juga didesain sesuai selera penghuninya.
Dapur pun demikian. Kini, area yang satu ini juga menjadi tempat sangat penting bagi Anda yang mendambakan ruang memasak sesuai karakter Anda. Apalagi, Anda mungkin tergolong orang yang hobi bereksperimen dengan berbagai menu masakan sehingga akan lebih banyak meluangkan waktu di ruang ini.
Boleh jadi, informasi berikut ini cukup menarik bagi Anda, yakni bagaimana menghadirkan kesan seimbang antara energi dan aliran udara yang senantiasa tersedia di ruangan ini. Memang, ada baiknya Anda menghadirkan aliran chi dalam ruangan dapur sehingga tidak hanya aman, tetapi juga nyaman untuk beraktivitas di dalamnya.
"Ketika saya melihat dapur yang diletakkan terhubung dengan ruangan lainnya, akan banyak energi bahagia, maka saya akan bertanya ke pemiliknya, 'Bila Anda mengadakan pesta, orang-orang akan duduk di sini dan menolak untuk pindah?'" kata Kartar Diamond, penulis Feng Shui For Skeptics and The Matrix Feng Shui.
"Dan, si pemilik berkata, 'Ya, bagaimana Anda tahu?"
Angin dan air
Kadang-kadang, bahkan dapur yang sempit pun, akan memberi kesan nyaman bila ada energi positif di dalamnya. Jadi, yang harus Anda lakukan sekarang adalah membuat dapur bahkan yang sempit sekalipun bisa telihat sangat nyaman dengan ventilasi udara yang diatur sesuai kebutuhan.
Terkait hal itu, sangat penting bagi Anda menerapkan prinsip-prinsip feng shui dalam menyeimbangkan antara unsur-unsur api, bumi, air, tanah, dan udara dalam satu ruangan untuk memecahkan masalah aliran udara atau ventilasi di dapur Anda.
"Feng shui memperhitungkan tahun rumah dibangun, tahun berjalan, dan arah muka rumah itu sendiri, bahkan hingga ke derajat kompas," kata Janice seperti dilansir di hgtv.com.
"Setiap rumah memiliki cetak biru energi. Sejarah pemilik rumah pun penting karena dapat digunakan untuk memverifikasi ketepatan membaca kita terkait energi rumah itu," ujar Janice.
Bahkan, menurut falsafah China, sebuah ruangan akan sangat baik apabila energi chi terus mengalir. Dalam desain dapur menurut feng shui China, "angin dan air" terkait dengan ventilasi rumah yang baik untuk mendapatkan aliran positif dari chi atau energi positif.
Praktisi feng shui mengatakan, sebuah hunian atau setidaknya ruangan sebaiknya menyesuaikan dengan aliran alami chi, terutama dapur yang menjadi fokus utama energi positif di sebuah hunian. Nah, bagaimana dengan Anda? (M10-11)
Sumber: Kompas.com